Qalbu Al-qur'an, Petunjuk Hudup dari sang Maha Pencipta

PETUNJUK HIDUP DARI SANG PENCIPTA
Bismillahirohmanirrohim
Dengan nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang
  1. Yang Menguasai di hari pembalasan, hanya engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan
  2. Mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar)
  3. Katakanlah jika kamu mencintai Allah, ikutlah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa dosa mu, Allah maha pengampun lagi maha penyayang
  4. Barang siapa yang mentaati Rosul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah, dan barang siapa yang berpaling(dari ketaatan itu) maka kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.
  5. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya Allah amat berat siksanya dan bahwa sesuangguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang.
  6. Dia tidak dapat di capai oleh penglihatan mata, sedang dia dapat melihat segala yang kelihatan; Dan dialah yang maha halus lagi maha mengetahui.
  7. Keduanya berkata” Ya Tuhan kami, kami telah meng aniaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang orang yang merugi.
  8. Maka (yang sebenarny) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allah Lah yang membunuh mereka, dan bukanlah kamu yang melempar mereka ketika kamu melempar, tetapi Allah Lay yang melempar (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah maha mendengar lagi maha mengetahui.
  9. Katakanlah: sekali kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah di tetapkan Allah untuk kami, Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang orang yang beriman harus bertawakal.
  10. Jika Allah menimpakan sesuatu kemudaratan kepadamu, tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia, dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya, Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang di kehendakinya di antara hamba hambanya dan Dialah yang maha pengampun lagi maha penyayang.
  11. Dan susungguhnya kami telah mengutus Musa dengan tanda tanda(Kekuasaan) kami dan mukjizat yang nyata.
  12. (Ingatlah) ketika Yusuf berkata; wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku.
  13. (Sambil mengucapkan) “Salamun’alaikum Bima sabartum” maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.
  14. Ya Tuhan Kami sesungguhnya engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan, dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi Allah baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit.
  15. Segala puji bagi Allah yang telah menganugrahkan kepadaku di hari tua(ku), Ismail dan nishaq, sesuangguhnya Tuhanku, benar benar maha mendengar(Memperkenankan Doa).
  16. Khabarkanlah kepada hamba hambaku, bahwa sesuangguhnya Akulah yang maha pengampun lagi maha penyayang.
  17. Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa, maka orang orang yang tak beriman kepada Akhirat hati mereka mengingkari(keesaan Allah) sedangkan mereka sendiri adalah orang orang yang sombong.
  18. Dan mereka bertanya kepadamu tentang ROH, katakanlah roh itu termasuk urusan Tuhan Ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.
  19. Harta dan anak anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amalan amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.
  20. Dan ceritakanlah(Hai Muhamad) kepada mereka kisah Idris(yang tersebut) di dalam Al-Quran sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi.
  21. Berkata Musa” Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untuk ku urusanku.
  22. Kami berfirman “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim.
  23. Sesungguhnya Allah memasukan orang orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga surga yang dibawahnya mengalir sungai sungai, sesungguhnya Allah berbuat apa yang di kehendaki.
  24. Nuh Berdoa “ Ya Tuhanku, tolonglah aku, karena mereka mendustakanku” Dan Allah telah berjanji kepada orang orang beriman di antara kamu dan mengerjakan amalan amalan yang saleh bahwa dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi , sebagai mana dia telah menjadikan orang orang sebelum mereka berkuasa, 
  25. dan sungguh dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah di ridhoinya untuk mereka, dan dia benar benar akan menukar(keadaan) mereka sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentosa, mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan –Ku, 
  26. Dan barang siapa yang(tetap) kafir sesudah(janji) itu, maka mereka itulah orang orang yang fasik.
  27. Dan orang orang yang berkata” Ya Tuhan Kami anugerahkanlah kepada kami istri istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati(kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang orang yang bertakwa.
  28. maka kami selamatkan Nuh dan orang orang yang besertanya di dalam kapal yang penuh muatan, Kemudian sesudah itu kami tenggelamkan orang orang yang tinggal, sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda (Kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman.
  29. Sesungguhnya surat itu dari Sulaeman dan sesungguhnya(isinya)” Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.
  30. Dan Jangan(pula) sembah Tuhan yang lain selain Allah, Tiada Tuhan yang berhak di sembah selain Dia, segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah, segala keputusan menjadi wewenangnya, dan hanya kepadanya kamu di kembalikan.
  31. Luth berdoa “Ya Tuhanku, tolonglah aku(dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu.
  32. Dan sekali kali tidak ada pemberi syafaat bagi mereka dari berhala berhala mereka dan adalah mereka mengingkari berhala mereka itu.
  33. Kepunyaan Allah Lah apa yang di langit dan yang di bumi, sesungguhnya Allah Dialah yang maha kaya lagi maha terpuji.
  34. Dan jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang orang yang berdosa itu menundukan kepalanya di hadapan Tuhan-Nya, (mereka berkata); “Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami(kedunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang orang yang yakin.
  35. Dan bertaqwalah kepada Allah, dan cukuplah Allah sebagai pemelihara.
  36. Dan sesungguhnya telah kami berikan kepada Daud karunia dari kami (Kami berfirman);”Hai gunung gunung dan burung burung bertasbihlah berulang ulang bersama Daud” dan kami telah melunakan besi untuknya, Yaitu buatlah baju besi yang besar besar dan ukurlah anyamannya, dan kerjakanlah amalan yang saleh, sesungguhnya aku melihat apa yang kamu kerjakan.
  37. Sesungguhnya Allah mengetahui yang tersembunyi di langit dan di bumi, sesungguhnya Dia maha mengetahui segala isi hati.
  38. (Kepada mereka di katakan) “Salam” sebagai ucapan selamat dari Tuhan yang maha penyayang. Maha suci Allah dari apa yang mereka sifatkan.
  39. Lalu para malaikat itu bersujud semuanya.
  40. Allah pencipta segala sesuatu dan Dia maha pemelihara atas segala sesuatu.
  41. Yang demikian itu adalah karena sesuangguhnya rasul rasul telah datang kepada mereka dengan membawa bukti yang nyata lalu mereka ingkar, maka Allah mengazab mereka, sungguh Dia Maha Kuat, maha keras hukumannya
  42. Allah Maha lembut terhadap hamba hambanya, Dia memberi rezeki kepada siapa yang dia kehendaki, dan Dia maha kuat, maha perkasa.
  43. M asuklah kamu ke dalam soga, kamu dan pasangan mu akan di gembirakan.
  44. Sebagai rahmat dari Tuhanmu, sungguh Dia Maha Mendengar, maha mengetahui.
  45. Ini (Al-Quran) adalah petunjuk, dan orang orang yang mengingkari ayat ayat Tuhannya, mereka akan mendapat azab berupa siksaan yang sangat pedih.
  46. Dan tidaklah mereka memperhatikan bahwa sesuangguhnya Allah yang menciptakan langit dan bumi. Dan dia tidak merasa payah karena menciptakannya, dan Dia kuasa menghidupkan yang mati, begitulah, sungguh Dia Maha kuasa adas segala sesuatu.
  47. Sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau, jika kamu beriman dan bertakwa.
  48. Bahwa orang orang yang berjanji setia kepadamu(Muhamad), sesungguhnya mereka hanya berjanji setia kepada Allah, Tangan Allah di atas tangan tangan mereka, maka barang siapa melanggar janji, maka sesuangguhnya di melanggar atas(janji) sendiri, dan barang siapa menempati janjinya kepada Allah, maka Dia akan memberinya pahala yang besar.
  49. Sesungguhnya orang orang yang memanggil engkau (Muhamad) dari luar kamarmu kebanyakan mereka tidak mengerti.
  50. (Yaitu) orang yang takut kepada Allah yang maha pengasih, sekalipun tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat.
  51. Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.
  52. Katakanlah(Muhamad) “Tunggulah, sesungguhnya akupun termasuk orang yang sedang menunggu bersama kamu.
  53. Dan (Juga) kaum Nuh sebelum itu, sungguh mereka adalah orang orang yang paling zalim dan paling durhaka.
  54. Lalu kami bukakan pintu pintu langit dengan (menurunkan) air yang tercurah.
  55. Semua yang ada di bumi itu akan binasa tetapi wajah Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal.
  56. Maka dia memperoleh ketentraman dan rizki serta sorga( yang penuh) kenikmatan.
  57. Allah telah menyediakan azab yang sangat pedih, keras bagi mereka, sungguh betapa buruknya apa yang telah mereka kerjakan.
  58. Dan orang orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansor), mereka berdoa; “ Ya Tuhan Kami ampunilah kami dan saudara saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang orang yang beriman, Ya Tuhan kami, sungguh Engkau maha penyantun, maha penyayang.
  59. Ya Tuhan kami, janganlah engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang orang kafir, dan ampunilah kami, sesungguhnya engkau yang maha perkasa, maha bijaksana.
  60. Sama saja bagi mereka engkau (Muhamad) memohon ampunan untuk mereka atau tidak engkau mohonkan ampunan bagi mereka, Allah tidak akan mengampuni mereka, sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang orang yang fasik.
  61. (Dialah) Allah, tiada Tuhan selain Dia, dan hendaklah orang orang mukmin bertawakal kepada Allah.
  62. Sehingga mereka merasakan akibat yang buruk dari perbuatannya, dan akibat perbuatan mereka itu adalah kerugian yang besar.
  63. Jika kamu berdua bertaubat kepada Allah, maka sungguh, hati kamu berdua telah condong(untuk menerima kebenaran) dan jika kamu berdua saling bantu membantu menyusahkan Nabi, maka sungguh Allah menjadi pelindung dan (juga) Jibril dan orang-orang mukmin yang baik, dan selain itu malaikat malaikat adalah penolongnya.
  64. Mereka menjawab:”benar, sungguh, seorang pemberi peringatan telah datang kepada kami.
  65. Sungguh bagi orang orang bertakwa (disediakan) soga yang penuh kenikmatan, di sisi Tuhannya.
  66. Maka apabila sangkakala di tiup sekali tiup.
  67. Sungguh, manusia di ciptakan bersifat suka mengeluh.
  68. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu.
  69. Katakanlah (Muhamad) Aku tidak kuasa menolak mudarat maupun mendatangkan kebaikan kepadamu.
  70. Dan bersabarlah (Muhamad) terhadap apa yang mereka katakan dan tinggalkanlah mereka dengan cara yang baik.
  71. Dan aku berikan baginya kelapangan(hidup) seluas luasnya.
  72. Wajah wajah (orang mu’min) pada hari itu berseri memandang Tuhannya.
  73. Bukankah kami menciptakan kamu dari air yang hina (mani)
  74. Sebagai balasan dan pemberian yang cukup banyak dari Tuhanmu.
  75. Dan adapun orang orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya.
  76. Dan apakah Dia (Allah) menciptakannya.
  77. (Al-Qur’an) itu tidak lain adalah peringatan bagi seluruh alam.
  78. Wahai Manusia apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu yang maha pengasih.
  79. (Yaitu) mata air yang di minum oleh mereka yang dekat (kepada Allah)
  80. Sesungguhnya Dia mengira bahwa dia tidak akan kembali(kepada Tuhannya). Tidak demikian sesungguhnya Tuhannya selalu melihatnya.
  81. Maha kuasa berbuat apa yang Dia kehendaki.
  82. Yang keluar dari antara tulang punggung (sulbi) dan tulang dada.
  83. Dan mengingat nama Tuhanmu, lalu dia Shalat.
  84. Dan gunung gunung bagai mana di tegakan.
  85. Dan datanglah Tuhanmu, dan malaikat berbaris baris.
  86. Dan kami telah menunjukan kepadanya dua jalan ( Kebajikan dan kejahatan).
  87. Lalu Rasul Allah (Saleh) berkata kepada mereka, “(biarkanlah) unta betina dari Allah ini dengan minumannya.
  88. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila dia telah binasa.
  89. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu dia memberi kecukupan.
  90. Dan kami tinggikan sebutan (Nama) mu bagi mu.
  91. Dan kami kembalikan dia ketempat yang serendah rendahnya.
  92. Tidakah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat (segala perbuatannya)?
  93. Malam kemulyaan itu lebih baik dari pada seribu bulan, pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya.
  94. Padahal mereka hanya di perintah menyembah Allah dengan icklas mentaatinya semata mata karena (menjalankan) Agama.
  95. Dalam keadaan berkelompok kelompok untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua amalan perbuatannya. Dan sesungguhnya cintanya kepada harta benar benar berlebihan.
  96. Maka adapun orang yang berat timbangannya (kebaikannya), maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang)
  97. Sekali kali tidak ! kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu)
  98. Serta saling menasihati untuk kebenaran.
  99. Dan Tahukah kamu apakah (neraka) hutomah itu.
  100. Dan dia mengirimkan kepada mereka, burung yang berbondong bondong.
  101. Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar.
  102. (maka) celakalah orang orang yang salat, (yaitu) orang orang yang lalai terhadap shalatnya.
  103. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)
  104. Dan kamu bukan penyembah.
  105. Berbondong bondong masuk agama Allah.
  106. Kelak Dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (Neraka)
  107. Dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita.
  108. Sembahan Manusia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Temu Kangen Alias Reunian SMA Cimindi

KEBUN TEH PANGHEOTAN CIKALONG WETAN

Amalan Anak Kunci Pembuka Khasanah Langit dan Bumi